Sosialisasi Karantina Pertanian melalui Lomba Burung

Sampit, 15 Mei 2016 Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya Wilayah Kerja Sampit telah menyelenggarakan lomba burung berkicau. Kegiatan lomba ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan tugas dan fungsi Karantina Pertanian serta menjalin silaturahmi antar sesama kicau mania di Wilayah Kalimantan Tengah.

lomba burung

Perlombaan burung dibuka oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangkaraya yang diwakili oleh Drh. Agus Sugiyono selaku Kasie Karantina Hewan. Selain untuk menjalin silaturahmi, beliau berpesan kegiatan ini diharapkan mampu menyerap partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam perkarantinaan Indonesia yaitu dengan melapor kepada Petugas Karantina apabila membawa media pembawa yang akan dikirimkan melalui Bandara ataupun Pelabuhan di Wilayah Kalimantan Tengah.

Acara ini dibilang sukses, hal ini dapat dilihat banyaknya peserta yang mengikuti lomba. Selain dari Kota Sampit, lomba juga diikuti dari luar Sampit seperti Palangkaraya, Kab. Kasongan, Kab. Kotawaringin Barat dan Kab. Seruyan. Berbagai macam burung diperlombakan antara lain burung Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pentet dan Burung Kenari.  Acara lomba dibagi menjadi  3 kelas yaitu kelas Barantan, Kelas Balai dan Kelas Stasiun. Sebagian besar peserta berharap kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan dan lebih meriah lagi di tahun – tahun mendatang sehingga diimbangi lebih besar pula hadiahnya. (drh. Agus Sugiyo)