Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Setelah Diperiksa Petugas Karantina, Dua Kuya Batok Palangkaraya Siap Terbang Malang

Sehat & Bebas Hama Penyakit, Dua Kuya Batok Palangkaraya Siap Terbang Malang

Kuya batok alias kura-kura batok (Cuora amboinensis) adalah kura-kura yg menyebar luas dari India di sebelah barat hingga Maluku di timur, kura-kura ini dikenal juga dengan nama Amboina Box Turtle atau Southeast Asian Box Turtle.

Kura-kura dengan tempurung punggung/karapas yang cenderung membulat tinggi dan perisai perut/plastron yang dapat ditekuk menurut garis melintang, sehingga dapat menyembunyikan kepala dan tungkainya rapat-rapat.

Awalnya kura-kura ini hendak dikirim dati Palangkaraya Kalimantan Tengah ke Malang Jawa Timur melalui jasa pengiriman barang. Mereka melapor untuk mengurus Surat Kesehatan Hewan Karantina dengan membawa SATS-DN dari BKSDA, tetapi sayangnya kura-kura tersebut tidak ikut serta di bawa kepada Petugas Karantina. sehingga Petugas Karantina tidak bisa melakukan pemeriksaan fisik terhadap kura-kura tersebut. Dengan berat hati Petugas Karantina meminta kepada pihak jasa pengiriman untuk pulang dan kembali lagi dengan membawa komoditas yang akan dikirim supaya bisa dilakukan pemeriksaan fisik oleh Petugas Karantina.

Perlu kita pahami bersama, selain dokumen persyaratan, yang lebih penting dari itu adalah pemeriksaan langsung terhadap komoditas yang akan dilalulintaskan. Hal tersebut menjadi dasar penerbitan Sertifikat Karantina (Sertifikat Kesehatan Hewan), karena salah satu tupoksi Karantina Pertanian adalah mencegah tersebarnya penyakit hewan maupun tumbuhan dari area satu ke area lainnya.

21731081_1177311885703248_112075505728081267_n