Lagi, Si Mungil Terbang ke Luar Negeri

Palangkaraya - Bucephalandra merupakan genus tanaman berbunga famili Araceae. Tanaman air asli Kalimantan ini memiliki daun โ€“ daun yang kecil, varian warna yang beragam dan rhizome yang melekat kuat sehingga menjadi salah satu primadona di dunia aquascaping. Tak heran bila Bucephalandra sp. juga menjadi komoditas ekspor andalan Karantina Palangkaraya wilker Pangkalan Bun dan Sampit.

Mengawali tahun 2019 kegiatan ekspor tanaman air ini sudah dimulai antara lain ke negara Arab, Brasil, Jepang, Vietnam dan Malaysia.

Petugas Karantina Palangkaraya kembali melakukan pemeriksaaan terhadap Bucephalandra sp sebanyak 450 batang (7/01) yang hendak dikirim ke Malaysia dan 400 batang ke Vietnam (9/01) milik seorang Ekportir. Setelah diperiksa dan dinyatakan sehat serta lengkap dokumen, tanaman hias tersebut siap diekspor ke Negara tujuan.

โ€œAwalnya saya hanya jual lokal dan kirim ke Jakarta karena tidak tau caranya mengirim ke luar negeri, sekarang sudah bisa langsung dari Pangkalan Bun,โ€ ungkap Ridwansyah, salah satu pengekspor Bucephalandra sp. yang mendapatkan penjelasan serta bimbingan handling pra ekspor oleh petugas Karantina Palangkaraya Wilker Pangkalan Bun.

Disinilah peran penting Karantina untuk menjaga serta memastikan semua komoditi yang dikirim keluar dalam kondisi baik, layak serta sehat terbebas dari investasi hama penyakit karantina/OPTK. Baik untuk pengiriman domestik maupun ekspor sesuai regulasi negara tujuan dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Mari SobatQ, laporkan komoditas yang dilalulintaskan, kami QForce siap melindungi keanekaragaman hayati nabati Indonesia agar tetap terjaga dan lestari.

#KarantinaPalangkaraya 
#LaporKarantina ๐ŸŽ๐Ÿ•

Please follow and like us: