Dukung Akselerasi Ekspor, Karantina Palangkaraya Gelar Bimtek Sarang Burung Walet

Palangka Raya - Masih dalam rangka Bulan Bakti Karantina Pertanian Tahun 2019, Karantina Palangkaraya kembali menggelar acara bimbingan teknis (02/07). Kali ini bimbingan teknis yang diselenggarkan dengan tema akselerasi ekspor sarang burung walet yang ditujukan untuk asosiasi, pengusaha dan petani walet di Kalimantan Tengah.

“Sarang burung walet merupakan komoditas ekspor unggulan Indonesia dan Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi penghasil sarang burung walet terbesar di Indonesia. Melihat potensi ini, sudah sewajarnya ada tempat pemrosesan sarang burung walet supaya bisa langsung di ekspor ke Tiongkok tanpa harus dikirim ke Jawa terlebih dahulu”, ungkap Parlin Robert Sitanggang, Kepala Karantina Palangkaraya, saat membuka acara bimbingan teknis.

Hadir sebagai narasumber, drh. Iswan Haryanto, M.Si selaku Kepala Bidang Karantina Produk Hewan. Materi bimbingan teknis yang diberikan adalah Persyaratan dan Prosedur Ekspor Sarang Burung Walet. “ Indonesia memasok lebih dari 78% kebutuhan pasar dunia dan hampir semua pasokan sarang burung walet dunia diimpor ke Tiongkok dan Hongkong sebagai Negara dengan jumlah konsumen terbesar” ujar Iswan.

“Persyaratan teknis yang harus dipenuhi sesuai kesepakatan Indonesia dan China ada 3 yakni telah melalui pemanasan 70oC selama 3,5 detik untuk menginaktifkan virus Avian Infulenza, kandungan nitrit tidak lebih dari 30 ppm dan jaminan ketelusuran hingga rumah walet “, tambahnya.

Peserta yang hadir tampak antusias dengan adanya bimbingan teknis akselerasi ekspor sarang burung walet ini. Melalui bimbingan teknis ini diharapkan dapat menarik pengusaha dan petani walet untuk mengembangkan usaha dengan membuat rumah pemrosesan serta pemenuhan persyaratan lainnya menuju ekspor.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah serta perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya Tengah.

Mari terus dukung Petani Indonesia untuk #BeraniEkspor !

#KarantinaPalangkaraya
#142TahunKarantinaMelayani

Please follow and like us: