Apa Petugas Karantina harus Lapor Karantina?

Palangka Raya – Karantina Palangkaraya Wilker Bandara Tjilik Riwut mendapat kunjungan dari Kepala Bidang Karantina Produk Hewan drh. Iswan Haryanto, M.Si. Sebelum kepulangannya menuju Jakarta, Iswan melaporkan produk pertanian berupa buah naga sebanyak 10 kg yang akan dibawanya.

“Kepatuhan untuk melapor dan menyerahkan komoditi yang dibawa untuk diperiksa petugas Karantina lah yang perlu diedukasikan kepada masyarakat. Kita sebagai petugas karantina harus jadi contoh”, ungkap Iswan.

Antonius, petugas Karantina Palangkaraya segera memeriksa dokumen serta fisik komoditi yang dibawa. “Buah Naga yang dibawa dinyatakan sehat dan layak kirim sehingga dapat diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area (KT12)”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iswan sempat memberikan arahan kepada petugas karantina Wilker Bandara Tjilik Riwut untuk selalu melakukan tindakan karantina sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Iswan juga mengapresiasi proses pembayaran PNBP di Wilker Bandara Tjilik Riwut yang telah menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) sehingga dapat meminimalisir pungli bagi petugas karantina.

Siapapun wajib #LaporKarantina tanpa terkecuali lho sobatQ..

#KarantinaPalangkaraya
#142KarantinaMelayani

Please follow and like us: