Apa Petugas Karantina harus Lapor Karantina?

Palangka Raya – Karantina Palangkaraya Wilker Bandara Tjilik Riwut mendapat kunjungan dari Kepala Bidang Karantina Produk Hewan drh. Iswan Haryanto, M.Si. Sebelum kepulangannya menuju Jakarta, Iswan melaporkan produk pertanian berupa buah naga sebanyak 10 kg yang akan dibawanya.

“Kepatuhan untuk melapor dan menyerahkan komoditi yang dibawa untuk diperiksa petugas Karantina lah yang perlu diedukasikan kepada masyarakat. Kita sebagai petugas karantina harus jadi contoh”, ungkap Iswan.

Antonius, petugas Karantina Palangkaraya segera memeriksa dokumen serta fisik komoditi yang dibawa. “Buah Naga yang dibawa dinyatakan sehat dan layak kirim sehingga dapat diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area (KT12)”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Iswan sempat memberikan arahan kepada petugas karantina Wilker Bandara Tjilik Riwut untuk selalu melakukan tindakan karantina sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Iswan juga mengapresiasi proses pembayaran PNBP di Wilker Bandara Tjilik Riwut yang telah menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) sehingga dapat meminimalisir pungli bagi petugas karantina.

Siapapun wajib #LaporKarantina tanpa terkecuali lho sobatQ..

#KarantinaPalangkaraya
#142KarantinaMelayani

Releated

Berprestasi, Voli Putra Karantina Palangkaraya Kembali Raih Trofi Juara

Sampit (27/10) – Menjaga negeri memang menjadi tugas utama seorang Karantinawan dan Karantinawati, namun bukan hanya itu saja tugas yang diemban. Memberikan pemahaman masyarakat tentang karantina pertanian juga menjadi salah satu tugas yang harus terus dijalankan. Sudah tahukah SobatQ bahwa meningkatkan pemahaman masyarakat dapat dilakukan melalui ajang olah raga lho.. Tim bola voli putra binaan […]

Tingkatkan Pemahaman Petugas, Karantina Palangkaraya Gelar In House Training NNC

Palangka Raya– Senin pagi (07/10) Karantina Palangkaraya menggelar In House Training tentang NNC (Notification of Non Compliance). NNC merupakan pernyataan ketidaksesuaian yang diberikan oleh negara pengimpor kepada negara pengekspor bila Media Pembawa yang dikirim tidak memenuhi syarat negara tujuan atau tindakan darurat yang diambil oleh negara pengimpor saat OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) ditemukan di negara […]