Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

TANTANGAN DAN SEMANGAT PETUGAS KARANTINA DIMASA PANDEMI COVID 19

Pada masa pandemi covid 19 ini bukan suatu halangan bagi Badan Karantina Pertanian unit pelaksana teknis Balai Karantina Pertanian Palangkaraya untuk tetap menjalankan tugas tetapi tetap merupakan tantangan yang memberi semangat untuk terus memberi pelayanan secara maksimal sesuai tugas dan fungsinya. Masa pandemi covid 19 di kenormalan baru ini   petugas karantina tumbuhan melaksanakan pemeriksaan kesehatan media pembawa OPT/OPTK dan pelepasan bagi media pembawa yang telah dinyatakan sehat dan bebas OPT/OPTK dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, memakai sarung tangan dan jaga jarak serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan media pembawa.

Pada hari Senin 08 Juni 2020 Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya yang juga merupakan wilayah kerja Balai Karantina Pertanian Palangkaraya diruang pelayanan petugas karatina tumbuhan telah menerima kedatangan pemilik media pembawa yang ingin melaporkan media pembawa bibit anggrek dendrobium sebanyak 100 batang yang dikirim dari kota Tanggerang Selatan melalui Pesawat Lion Air. Pelayanan Pemeriksaan kesehatan media pembawa bibit anggrek dendrobium ini dilaksanakan oleh petugas Karantina Tumbuhan Dwi Nur Susanti, S.Si. Dengan senyuman yang tulus dan sapaan yang ramah yang merupakan jiwa pelayanan karantina, petugas karantina tumbuhan terlebih dahulu meminta kepada pemilik media pembawa untuk memperlihatkan dokumen karantina dari daerah asal berupa Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT-12). Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen karantina dari daerah asal telah terpenuhi selanjutnya petugas karantina tumbuhan melakukan pemeriksaan kesehatan media pembawa bibit anggrek  dendrobium dan kebenaran jumlah dan jenisnya.

Setelah media pembawa bibit anggrek  dendrobium ini dilakukan pemeriksaan kesehatan dan hasilnya tidak ditemukan OPT/OPTK target serangga Chrysomphalus dictyospermi yang merupakan OPTK A2 Golongan II yang daerah sebarannya masih terbatas di Jawa, Papua dan Sumatera serta  jumlah dan jenis media pembawa telah sesuai dengan dokumen KT.12 maka selanjutnya petugas karantina tumbuhan melaksanakan pemebebasan terhadap media pembawa bibit anggrek dendrobium dengan menerbitkan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan/ Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) (KT-9) dan ditandatangani oleh petugas Karantina Tumbuhan.

Sebelum dilaksanakan penerbitan Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan/ Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) (KT-9), pengguna jasa selaku pemilik media pembawa melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu membayar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) melalui pembayaran secara online. Dokumen Sertifikat Pelepasan Karantina Tumbuhan/ Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) (KT-9) diserahkan ke pemilik beserta media pembawa oleh petugas karantina tumbuhan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta senyuman dan sapaan yang membuat setiap pemilik media pembawa akan mengingatnya sebagai pelayan masyarakat yang ramah dan berintegritas.