Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

KAYU SENGON MENINGGALKAN KOTA CANTIK TERBANG MENUJU IBUKOTA

Meskipun tengah menghadapi pandemi covid 19,  petugas karantina tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai garda terdepan perlindungan pertanian Indonesia. Terlebih pemerintah sudah memberlakukan kebijakan new normal yang sudah dimulai bebrapa hari ini.  Meskipun sudah beraktifitas seperti biasa tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid 19. Penerapan kebijakan new normal tersebut memberikan dampak khususnya dalam kegiatan perkarantinaan yang berangsur normal kembali, misalnya dalam lalu lintas komoditas pertanian, baik ekspor, impor maupun antar area.  

Seperti siang  ini, petugas Karantina Pertanian Palangkaraya wilker Bandara Tjilik Riwut melakukan pemeriksaan terhadap  kayu sengon (Albizia chinensis) sebanyak 1 m3 yang akan terbang meninggalkan kota cantik ini menuju Jakarta. Kayu tersebut dikirim ke Jakarta sebagai sampel untuk keperluan industri. Dalam industri kayu, sengon menjadi salah satu pilihan karena mutunya yang bagus. Dengan struktur padat, berserat lurus, agak kasar, dan tidak mudah diserang rayap, harga pohon ini bisa mencapai Rp 1 juta per meter kubik. Selain itu, sengon yang merupakan kayu tumbuhan, juga menjadi pilihan utama bagi para pelaku industri kayu untuk menggantikan kayu produksi alam seperti jati.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, petugas melakukan pemeriksaan terhadap Kayu sengon  tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan karena telah memenuhi persyaratan administrasi dan kesehatan maka sampel kayu tersebut dapat dilakukan pembebasan.

#laporkarantina

#newnormal

#jagakesehatan